Minggu, 31 Juli 2011

Tips : Menghilangkan bekas jerawat

Tips : Menghilangkan bekas jerawat

Menghilangkan bekas jerawat harus dengan cara yang tepat, jerawat bisa meninggalkan bekas yang tentu tidak sedap dipandang. Kalau sudah begitu, tentu sulit menghilangkannya. Lantas, cara seperti apa yang bisa digunakan? Munculnya jerawat kerap membuat perempuan merasa kurang cantik dan kehilangan kepercayaan dirinya. Hingga seringkali mencoba memanipulasi, seperti memencet-mencet, dengan tujuan agar jerawat segera hilang.

Padahal, menghilangkan jerawat dengan memencet-mencet seperti itu justru bisa berdampak buruk, karena meninggalkan bekas hitam atau vlek, yang tentunya semakin tidak sedap dipandang. Bahkan, akan menyulitkan saat akan merias wajah, karena dibutuhkan cara tepat untuk menutupi bekas jerawat.
jerawat, tips, menghilangkan, cara, bekas, scaringcrychan.blogspot.com
Dikatakan dr. Nur Dewi Maharany, sebenarnya munculnya jerawat tidak akan makin gawat bila penanganan dilakukan secara tepat.
“sayangnya, yang sering terjadi, banyak orang yang berusaha memanipulasi jerawat, seperti memencet-mencet, yang justru dapat berdampak buruk,” ujar dokter konsultan Ageless Aesthetic Clinic itu.
Dampak dari cara menghilangkan bekas jerawat yang salah

Dampak yang mungkin terjadi akibat salah penanganan atau manipulasi jerawat antara lain:
Noda Hitam

Jerawat yang belum tuntas penanganannya dapat meninggalkan noda hitam di wajah. Hal itu disebabkan adanya sisa jerawat yang tertinggal dan tertimbun di bawah kulit.
Noda hitam ini dapat terjadi karena jerawat dipencet-pencet sendiri, tapi tidak semua bagian jerawat keluar, sehingga menyisakan bekas yang menyebabkan kulit menghitam.
Sisa-sisa jerawat meninggalkan noda hitam di wajah tergolong ringan. Sebab, noda hitam tersebut tidak menyebabkan luka pada jaringan kulit. Dengan perawatan yang tepat, seperti membersihkan wajah harian, memakai scrub dan masker seminggu sekalu, bisa meringankan vlek hitam yang ada di wajah.
Scar

Selain meninggalkan noda hitam atau vlek di wajah, penanganan jerawat yang salah dapat menyebabkan munculnya scar atau kulit yang berlubang, sehingga wajah kelihatan tidak mulus. Misalnya, akibat penanganan jerawat dengan alat yang tidak steril, sehingga menyebabkan luka di sekitar jaringan kulit atau bahkan infeksi. Parah atau tidaknya kondisi scar sangat bergantung pada ukuran jerawat. Kondisi jerawat yang parah akan meninggalkan lubang yang lebih besar, begitu swbaliknya.
Cara menghilangkan bekas jerawat

Karena bisa membuat wajah tidak mulus, sehingga membuat wajah tidak sedap dipandang, bekas jerawat sebaiknya dihilangkan. Dikatakan Dewi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Di antaranya:
peeling

Perawatan pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan peeling, terutama chemical peeling atau peeling yang berbahan dasar zat-zat kimia.
Peeling akan membantu membersihkan sisa-sisa jerawat yang masih tertinggal dan mengelupas sel-sel kulit mati di wajah. Bila dilakukan secara rutin, noda yang menghitam karena bekas jerawat bisa hilang.
Namun, penggunaan chemical peeling sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.
Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan menggunakan kristal-kristal abrasif dari alumunium trioksida atau Al (OH)3 yang bekerja dengan cara ditekan pada kulit secara mekanis untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
Sel-sel kulit mati tersebut kemudian disedot dan dibuang. Dengan mikrodermabrasi, vlek-vlek hitam yang merupakan bekas jerawat akan memudar, sehingga kulit wajah menjadi mulus kembali.
Pada bekas jerawat yang berupa scar atau bopeng mikrodermabrasi akan mengelupas jaringan-jaringan fibrotik yang terdapat dalam lekukan kulit.Sehingga sel-sel kulit baru akan tumbuh menggantikan. Dengan begitu secara perlahan scar akan menghilang.

Tapi, treatment ini tentu tidak bisa sering dilakukan. Mikrodermabrasi sebaiknya dilakukan sebulan sekali. sampai kapan treatment itu bisa menghilangkan bekas jerawat, tentu sangat bergantung pada kondisi scar dan kulit masing-masing.
Roller

Roller ampuh dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, terutama yang berupa scar. Treatment ini dilakukan dengan menggunakan alat berupa roller atau mesoderma roller, yaitu alat yang salah satu ujumgmya terdapat jarum kecil.

Teknik kerjanya adalah alat diaplikasikan pada kulit wajah untuk membuat luka sterildi sekitar kulit yang bermasalah. Luka steril ini sengaja dibuat untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, yang akan menutup bekas jerawat.

Penggunaan roller juga dapat merangsang lebih banyak produksi kolagen, sehingga mempercepat pergantian sel-sel kulit baru yang lebih baik. Dengan begitu, kulit wajah akan menjadi cerah kembali dan kencang.
Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Selain dengan menggunakan treatment khusus yang ditawarkan di klinik kecantikan, menghilangkan bekas jerawat yang berupa noda atau vlek hilam, bisa dengan bahan alami. Berikut ini di antara bahan alami yang dapat digunakan :
Jus Lemon atau Limau Segar

Oleskan jus lemon atau limau segar langsung ke area bekas jerawat menggunakan kapas. Biarkan beberapa saat hingga meresap. Selanjutnya bersihkan dengan air. Lemon berfungsi menyamarkan bekas jerawat yang berwarna kehitaman.
Pasta cendana dan air mawar

Campuran pasta cendana dan air mawar dapat digunakan sebagai masker. Oleskan secara langsung ke area bekas jerawat selama lebih kurang satu jam, kemudian bersihkan. Sebaiknya digunakan pada malam hari.
Minyak Zaitun

Pijatkan minyak zaitun ke area kulit yang terinfeksi. Sifatnya yang melembabkan, bisa melembutkan tekstur kulit dan menyamarkan bekas jerawat.
Madu

Madu juga merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkani bekas jerawat. Gunakan madu sebagai masker atau konsumsi langsung
Krim asam, yogurt, Oatmeal

Campurkan satu sendok makan krim asam, satu sendok yogurt, satu sendok makan oatmeal, dan beberapa tetes jus lemon. Selajnutnya balurkan campuran tersebut ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian cucilah dengan bersih.
Tomat

Iris tomat kecil-kecil, kemudian letakkan di seluruh wajah. Tomat kaya akan vitamin A yang berfunsi menghambat produksi sebum berlebih yang memicu munculnya jerawat. Vitamin A juga bersifat antioksidan, sehingga bisa menyegarkan dan memperbaharui bekas luka dan kerusakan kulit.
Kombinasi tomat dan mentimun

Kombinasi tomat dan mentimun sangat efektif menghilangkan bekas jerawat. Selain itu campuran tomat dan mentimun juga bisa mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit menjadi lebih menarik.
Minyak lavender

Gosokkan minyak lavender pada area bekas jerawat paling tidak dua kali sehari. Cara ini efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.
Putih Telur

Ini salah satu cara paling murah untuk menghilangkan bekas jerawat. Oleskan putih telur ke bekas jerawat dengan menggunakan kapas dan biarkan sepanjang malam. Selain mencegah munculnya jerawat, ramuan tersebut juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.
Jus ketumbar adan tepung kunyit

Campurkan satu sendok teh jus ketumbar dengan sedikit tepung kunyit kemudian balurkan ke area yang terinfeksi. Cara alami itu efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.
Bawang putih

Konsumsi bawang putih atau gosokkan ke area yang terinfeksi. Cara ini juga diklaim bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu. Sebab bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang baik.
Mentimun

Jus mentimun segar dapat dijadikan masker wajah. Mentimun berfungsi meredakan peradangan, menyegarkan kulit, dan menyembuhkan bekas jerawat.
Tips agar jerawat tidak membekas

Jerawat yang muncul sebenarnya tidak akan membekas, bila ditangani dengan cara yang tepat. Berikut ini tips agar jerawat tidak meninggalkan bekas :

Jaga selalu kebersihan kuli t- Jaga selalu kebersihan kulit agar jerawat tidak sampai meradang, dengan mencuci wajah menggunakan facial foam sesuai jenis kulit

Hentikan konsumsi bahan aktif tertentu – Bila tidak cocok mengkonsumsi bahan aktif tertentu, seperti pil kontrasepsi dapat memeperparah kondisi jerawat, hingga meninggalkan bekas. Hentikan dulu konsumsi bahan aktif tersebut agar jerawat tidak makin parah.

Hentikan memencet-mencet jerawat – karena bisa menyebabkan jerawat meradang, dan ketika sembuh akan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

Jaga pola makan- Terapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas. Juga hindari makanan berlemak agar tidak semakin memperparah kondisi jerawat.

Rajin Olahraga – dapat memperlancar peredaran darah, sehingga menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Tips : Menghilangkan bekas jerawat

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger