Minggu, 31 Juli 2011

Tips Family : Tips Menyusui – Payudara terawat, ASI lancar, bayi pun sehat

Tips Family : Tips Menyusui – Payudara terawat, ASI lancar, bayi pun sehat

Perawatan payudara dilakukan sejak ibu hamil hingga dengan tujuan agar lactasi dapat lancar dan menghindari kesulitan-kesulitan dalam menyusui. Setelah ibu melahirkan, parawatan dilakukan pada waktu mandi. Payudara dibersihkan dengan sabun dan air bersih, puting susu diulas dengan minyak pengulas ditutup dengan kain kassa, kemudian ibu memakai kutang/bra yang sesuai besarnya agar dapat menyangga payudara sehingga buah dada yang membesar tidak tertekan oleh kutang yang tidak sesuai.Pada waktu menyusui puting susu areola mammae dibersihkan dengan kapas yang telah direndam dengan air masak sebelum dan sesudah menyusui.

Membersihkannnya beberapa kali sehingga kotoran atau kerak pada puting susu terangkat, dan tidak masuk mulut tertelah oleh bayi. Cara dan lamanya menyusui juga harus diperhatikan, karena cara dan lamanya menyusui dapat memepengaruhi keadaan buah dada.
ibu, dan, anak, menyusui, ibu dan anak, scaringcrychan.blogspot.com
Caranya harus menyenangkan ibu, tidak melelahkannya dan bayi dapat menetek dengan baik. Dapat dilakukan dengan tidur miring ke arah buah dada yang akan disusu. Bila ibu menyusui dengan duduk haruslah duduk dengan nyaman, kaki jangan menggantung, dapat diberi ganjal dengan bangku. Teknik menyusui ini diusahakan agar tinggi kepala bayi sesuai dengan posisi buah dada, puting susu dimasukkan ke dalam mulut bayi sampai aerola mammae yaitu saluran yang menampung air susu akan lebih lancar.

Biasakan agar bayi selalu menghisap, jadi tidak membiarkan puting susu diemut di dalam mulut bayi karena malas menghisap. Hal ini akan menyebabkan puting susu menjadi lecet.

Jaga agar buah dada tidak menutup hidung, agar bayi dapat bernapas. Lamanya menyususi pada hari-hari pertama biasanya 3 – 5 menit, karena pada hari-hari pertama ini produksi air susu ibu belum begitu banyak, menetek diutamakan untuk membiasakan bayi dan memberikan rangsangan pada buah dada. Karena pada hari-hari pertama bayi belum begitu lapar disebabkan sisa zat makanan masih ada.

Pada hari selanjutnya lama menyusui 10-15 menit pada bayi normal tiap-tiap tiga jam. Buah dada yang disusu apakan sebelah kanan saja atau kedua-duanya tentu menurut kebiasaan rumah sakit, keadaan lactasi, dan keadaan bayinya. Selama lima menit buah dada sebelah kiri dan lima menit lagi ganti buah dada sebelah kanan. Bila air susu ibu tidak habis diisap bayi sisa air susu itu harus dikeluarkan, agar tiap kali bayi mengisap memperoleh air susu baru.Setelah menyusui selesai, puting susu dan sekitarnya dibersihkan dan keringkan dengan handuk, ulasi dengan minyak pengulas, tutup dengan kain kasa kemudian memakai kutang/bra.
Tips Family : Tips Menyusui – Payudara terawat, ASI lancar, bayi pun sehat

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger