Minggu, 31 Juli 2011

Tips Family : Gizi untuk ibu nifas

Tips Family : Gizi untuk ibu nifas

Setelah melahirkan, para ibu memiliki kebutuhan energi dan gizi yang lebih banyak dari sebelum ibu melahirkan. Karena sang ibu memiliki kewajiban memberikan ASI eksklusif pada bayi selama minimal 6 pertama pasca kelahiran. Demi meningkatkan kekebalan tubuh dan pemenuhan protein utama pada bayi. Selain menyusui, ibu juga mengalami masa nifas selama 6 minggu samapai 3 bulan pasca melahirkan.Nifas adalah keluarnya darah dari rahim ibu hamil setelah atau bersamaan dengan proses kelahiran bayi. Darah nifas ini keluar disebabkan adanya pemulihan organ genetelia agar berfungsi normal seperti masa sebelum hamil dan melahirkan. Untuk itu para ibu memerlukan gizi dan nutrisi yang sangat menunjang bagi pemulihan organ genetelia ini dan proses menyusui bayi dengan ASI eksklusif.

Makanan empat sehat lima sempurna harus sangat diperhatikan oleh ibu. makanan dengan porsi seimbang akan sangat menunjang kebutuhan energi terutama karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin.
gizi, nilai, untuk, ibu, nifas, scaringcrychan.blogspot.com
Kebutuhan energi ibu nifas / menyusui pada 6 bulan pertama kira – kira 700 kkal./hari dan enam bulan kedua 500 kkal/hari sedangkan ibu menyusui bayi yang berumur 2 tahun rata – rata sebesar 400 kkal/hari.
Tips Family : Gizi untuk ibu nifas

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger