Minggu, 31 Juli 2011

Tips Family : 6 Masalah Umum Saat Memberi Makan Bayi

Tips Family : 6 Masalah Umum Saat Memberi Makan Bayi

Mengasuh bayi, terutama saat memberinya makan bisa jadi tantangan tersendiri untuk orangtua. Tantangan tersebut mulai dari menolak makanan yang Anda berikan sampai alergi.

Berikut ini enam masalah yang paling sering dialami orangtua saat memberi makan bayi atau balita mereka dan solusinya, seperti dikutip WebMD:

1. Membuat Kotor Lantai

Lantai Anda kerap dipenuhi dengan tumpahan makanan saat si kecil makan? Jangan marah dulu padanya karena tumpahan makanan itu berarti bayi Anda mulai belajar mandiri. Pada usia sembilan bulan, bayi biasanya mulai ingin memiliki kontrol dalam urusan makan. Jadi sebagai orangtua, Anda tidak perlu kesal dan cobalah ambil sisi positifnya jika si kecil ingin makan sendiri. Justru momen itu adalah langkah penting dalam proses belajar bayi.
ibu, anak, aibu dan anak, sehat, keluarga, bayi, menyisui,scaringcrychan.blogspot.com
2. Menolak Jenis Makanan Baru

"Anak-anak memang selalu menolak makanan baru," ujar dokter anak Elizabeth Ward yang juga penulis 'The Complete Idiot's Guide to Feeding Your Baby and Toddler'. Agar bayi mau makan makanan jenis baru, mulailah dengan porsi yang sedikit. Anda juga bisa mencoba membuat makanan baru itu mirip dengan makanan kesukaannya. Misalnya saja, jika dia suka pure wortel, Anda bisa memberinya pure kentang manis.

3. Memuntahkan Makanan

Jika si kecil memuntahkan makanannya, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Memuntahkan atau mengeluarkan lagi makanan yang sudah masuk ke mulut normal dilakukan bayi. Hal itu karena proses pencernaan bayi masih berkembang. Agar bayi tidak memuntahkan lagi makanannya, cobalah memberinya makanan dengan perlahan, melepas popoknya dan mengusahakan posisinya tetap tegak lurus setelah makan.

4. Terlalu Pemilih atau Picky Eater

"Bayi bisa jadi picky eaters karena banyak sebab," ujar Ward. Misalnya saja, bayi akan merasa malas makan saat giginya mulai tumbuh. Dalam kondisi tersebut, bayi hanya mau makan makanan tertentu saja. Untuk anak yang memang benar-benar pemilih, seperti menolak makan sayur, coba lakukan sedikit trik, seperti yang pernah ditulis wolipop di sini.

5. Alergi

Lebih dari 8% anak mengalami alergi pada makanan. Gejalanya bisa bermacam-macam mulai dari gatal, diare, muntah atau sakit perut. Makanan yang umumnya jadi penyebab anak alergi adala susu, kacang, telur, gandum dan kerang. Jika Anda menduga si kecil mengalami alergi, segeralah berkonsultasi ke dokter.

6. Junk Food

Terkadang masalah makan pada anak ini sebenarnya karena orangtua juga. "Orangtua terkadang tergoda untuk memberi balita mereka makanan yang juga orangtua makan," ujar Ward. Namun hal itu tentu bukan ide yang bagus jika Anda melakukannya saat makan junk food. Terlalu dini memberi bayi makanan manis, asin dan berlemak bisa membuatnya sulit memiliki pola makan yang sehat saat sudah mulai besar.
Tips Family : 6 Masalah Umum Saat Memberi Makan Bayi

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger