Senin, 01 Agustus 2011

News : Hari Ini, Moratorium TKI ke Arab Diefektifkan

News : Hari Ini, Moratorium TKI ke Arab Diefektifkan

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan moratorium (penghentian sementara) pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke Arab Saudi efektif mulai Senin, 1 Agustus 201!. Moratorium itu hanya berlaku bagi TKI sektor pekerja domestik yang bekerja sebagai penata laksana rumah tangga.

Untuk mengantisipasi moratorium TKI pemerintah, kata Muhaimin, melakukan berbagai bentuk pengawasan. "Kami kerja sama dengan BNP2TKI dan imigrasi agar para TKI yang bekerja ke Timur Tengah terutama Arab Saudi tak berangkat ilegal," dia menegaskan.
TKI, indonesia, Moratorium, arab, saudi, diberlakukan, indonesia, scaringcrychan.blogspot.com
Selain itu, persiapan di dalam negeri juga dilakukan seperti pembenahan sistem pengiriman dan perlindungan. "Setelah kami yakin hak normatif pekerja terpenuhi seperti jam kerja, hari libur, gaji baru kami nyatakan siap lalu kami perbolehkan ke Arab lagi," Muhaimin menjelaskan.

Meskipun begitu, pihaknya belum dapat menentukan batas waktu moratorium hingga dicabut. Pembahasaan nota kesepahaman juga dikatakan masih terus dibahas oleh kedua belah pihak. Muhaimin melanjutkan, selama waktu pembahasan itu pemerintah menyiapkan dua hal bagi para calon TKI.

"Ada yang sifatnya instan seperti PNPM dan kerja yang padat karya dan ada yang sifatnya dari hulu yaitu peningkatan pendidikan calon TKI supaya mereka memilih tidak bekerja lagi di sektor domestik tapi sektor formal." imbuhnya.

Ia melanjutkan, untuk menampung para calon TKI yang batal bekerja ke Arab Saudi, Kemenakertrans akan menggandeng perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memberikan pekerjaan alternatif melalui pemanfaatan dana Coorparate Social Responsibility (CSR)

Misalnya yakni, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang makanan dan minuman atau perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan. "Mereka dapat memberdayakan para TKI," kata dia.
News : Hari Ini, Moratorium TKI ke Arab Diefektifkan

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger