Kamis, 17 Maret 2011

KATEGORI TIPE DATA JAVA

Tipe data Java dibagi dalam dua kategori:
1. Tipe Data Sederhana

Tipe data sederhana merupakan tipe inti. Tipe sederhana tidak di turunkan dari tipe lain. Tipe ini adalah tipe primitif.

Terdapat delapan tipe data primitif di Java :
1. Empat tipe adalah untuk bilangan bulat: byte, short, int, long
2. Dua untuk tipe angka titik mengambang (floating point): float dan double.
3. Satu untuk tipe karakter yaitu char untuk karakter dengan pengodean Unicode : char. Ada pula yang mengelompokan char sebagai bilangan bulat.
4. Satu lagi adalah boolean untuk nilai - nilai logika : boolean.

2. Tipe Data Komposit

Tipe data komposit disusun dari tipe sederhana atau tipe data komposit lain yang telah ada. Tipe ini antara lain string, array, class, dan interface.

TIPE DATA INTERGER

Di java terdapat 5 tipe interger, yaitu:

1. byte
2. short
3. int
4. long
5. char

TIPE DATA FLOATING-POINT

Bilangan floating-point (titik mengambang), disebut bilangan nyata (real) untuk mengevaluasi ekspresi bilangan pecahan. Contoh penggunaannya di penghitungan akar bilangan, sinus, cosinus, dan sebagainya. Java mengimplementasikan standar floating point IEEE-754.

Terdapat 2 tipe floating-point :

1. float
2. double

TIPE DATA BOOLEAN

Java mempunyai tipe sederhana boolean nilai logis. Kita tidak dapat mengonversi tipe bilangan bulat dan nilai boolean. Variabel tipe ini memiliki salah satu dari dua nilai. Tipe data boolean menyimpan salah satu dari dua nilai, yaitu:

1. true
2. false

TIPE DATA CHARACTER

Tipe character untuk menyimpan karakter Unicode tungggal. Karena karakter Unicode di susun 16-bit, tipe data char adalah 16-bit unsigned interger.

1. Tanda petik tunggal sebagai penanda karakter
tanda petik tunggal untuk menandai konstanta/literal char.
2. Unicode
Java meenggunakan Unicode untuk mempresentasikan karakter. Unicode mendefinisikan himpunan karakter internasional secara penuh, dapat mempresentasikan semua karakter di semua bahasa manusia di dunia ini. Unicode ini merupakan pernyataan seluruh himpunan karakter seperti Latin, Greek, Arabic, Cyrilluc, Katakana, Hangul, dan banyak lagi, Karena Java di rancang memungkinkan applet di gunakan di seluruh dunia maka penggunaan Unicode adalah sangat tepat.
KATEGORI TIPE DATA JAVA

0 comments:

Posting Komentar

ALL INFORMATION Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger